Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan. Monitoring dilakukan ketika sebuah kebijakan sedang diimplementasikan. Monitoring yang sering dikenal dengan istilah monev mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program atau kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja.
Jumat, 21 Oktober 2022 pukul 13.00-16.00 Wib di Aula KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 2 , telah dilaksanakan pembinaan dan monitoring Yayasan Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah bersama KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 01 dan KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 02. Kegiatan monitoring dibuka oleh Ibu Sri Tantowiyah M.Pd selaku pembawa acara. Kemudian sambutan dari kepala sekolah KB-TK Hj Isriati Baiturrahman 2 Semarang yaitu Ibu Siti Musthofiah, S.Pd AUD. Kegiatan pembinaan dan monitoring dihadiri oleh Bapak Prof. Dr H. Ahmad Rofiq, MA selaku Ketua YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, dan beberapa pengurus lainnya yakni Bapak Drs. H. Bunyamin, M.M, Bapak Drs. H. Sutopo, Drs. H. Gatot Sudiarto, Bapak Drs. H. Misbandono, M.M, Bapak Agus Setianto, serta segenap guru dan karyawan KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 01 dan 02.
Tujuan diadakan pembinaan dan monitoring adalah untuk mengamati atau mengetahui perkembangan kemajuan sekolah, identifikasi permasalahan serta antisipasi atau upaya pemecahan permasalahan. Pembinaan dan monitoring dibagi menjadi beberapa standar yakni :
1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
2. Standar Isi
3. Standar Proses
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Standar Sarana dan Prasarana
6. Standar Pengelolaan
7. Standar Pembiayaan
8. Standar Penilaian
Dari delapan standar yang sudah disebutkan berisi tentang jumlah murid yang bersekolah, keadaan lingkungan sekolah, biaya yang harus dikeluarkan untuk sekolah dan peserta didik, data tenaga pendidik dan kepegawaian, status pendidik, pengelolaan sekolah yang seperti apa, tingkat pencapaian perkembangan peserta didik serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada pada lembaga. Hal ini saling berhubungan satu sama lain, guna memajukan kesejahteraan guru dan peserta didik.
Harapannnya semua standar berjalan sesuai dengan program dan perencanaan sekolah tanpa adanya hambatan. Pembinaan dan monitoring yang dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar pedoman dan perencanaan program sekolah. Kegiatan ini memberikan informasi kepada pengelola apabila terjadi hambatan dan penyimpangan serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi.